Kamis, 05 April 2018

Alibaba Cloud Resmi Beroperasi di Indonesia

Alibaba Cloud Resmi Beroperasi di Indonesia

Data Center pertama Alibaba Cloud, resmi beroperasi di Indonesia. Data centre ini merupakan platform komputasi awan (cloud) publik global dengan pilihan lokal yang ditujukan bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama UKM dan start-up di Indonesia.

“Indonesia menunjukkan perkembangan UKM dan start-up yang signifikan beberapa tahun terakhir dengan tingkat adopsi teknologi cloud dan antusiasme yang tinggi terhadap transformasi digital", papar Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo), Rudiantara yang turut menghdiri peresmian tersebut.

Lebih lanjut, Rudiantara menjelaskan untuk memaksimalkan potensi ekonomi, pelaku UKM dan startup perlu dukungan teknologi, infrastruktur, dan para ahli, guna membantu mengembangkan dan mengoperasikan bisnis lebih efisien.

"Tujuan akhirnya adalah menghasilkan pertumbuhan yang kuat bagi ekonomi digital Indonesia", imbuh Rudiantara, dalam keterangan pada Senin (19/3/2018).

Data center milik Alibaba menawarkan beberapa layanan, seperti elastic computing, layanan database, jaringan, keamanan, dan middleware untuk analisis dan big data. Layanan big data “MaxCompute” juga memungkinkan pengguna menyimpan dan mengolah data struktural dalam jumlah besar hingga terabyte dan petabyte.

“MaxCompute” secara khusus menyediakan layanan data intelligence yang canggih seperti mengolah data, menganalisis, dan machine learning, guna memberdayakan inovasi dan transformasi bisnis yang didorong oleh data", jelas General Manager of Asia Pasific, Alibaba Cloud, Alex Li.

Data Center ini juga akan mendukung pemerintah Indonesia untuk merealisasikan 1.000 startup pada 2020. Alibaba Cloud juga mengumumkan program inkubasi ekosistem terkait internet dengan membawa program Alibaba Cloud Certified Professional (ACP) ke Indonesia.

Dalam setahun, program ini memiliki target untuk melatih 300 peserta dan memberikan sertifikasi kepada 100 orang ahli di bidang cloud dari Indonesia. 

Dengan menyediakan rangkaian solusi cloud terbaru dan menggabungkannya dengan keahlian, kami dapat membantu UKM, pemerintah, dan perusahaan di Indonesia untuk mengintegrasi teknologi cloud dalam kebutuhan sehari-hari guna mendorong inovasi dan berkembang di era digital,” ujar Raymond Ma, Head of Alibaba Cloud ASEAN dan New Zealand.

Alibaba Cloud telah membantu beberapa perusahaan internet di Indonesia untuk berinovasi dengan cloud, seperti Tokopedia, GTech Digital Asia, Dwidaya Tour, dan Yogrt.

0 komentar:

Posting Komentar